Kamis, 30 September 2010

How To Make a Milk????

Teman-teman tau ga, cara pembuatan susu,PT INDOLACTO merupakan salah satu produsen sus di Indonesia. PT Indolakto, Terbagi menjadi 2 yaitu INDOMILK & INDOESKRIM, produk yang dihasilkan adalah berupa macam- macam produk susu & es krim. Produk susu yang dihasilkan ada beberapa bentuk sediaan diantaranya adalah susu kotak cair ( UHT ) dan susu kental manis ( SKM ). Adapun proses pembuatan dari susu kental manis ( SKM ) adalah :
1. Dumping dan Mixing
Dumping adalah penyimpanan bahan – bahan baku kering sebelum dilakukan pengolahan.
Mixing Yaitu proses yang meliputi formulasi & pencampuran bahan baku yang diperlukan dengan komponen yang tepat dengan cara pengadukan maupun sirkulasi sampai dihasilkan larutan yang homogen.
2. Pasteurisasi
Tujuan pasteurisasi adalah membunuh bakteri patogenik. Pasteurisasi menggunakan suhu < 1000C, suhu yang digunakan tidak boleh terlalu tinggi karena susu mengandung banyak protein yang tinggi.. Protein akan rusak dengan pemanasan yang tinggi.. 3. Homogenasi Dihasilkan larutan yang homogen. 4. Sterilisasi Adalah suatu proses untuk membuat larutan homogen menjadi steril. Sedangkan steril adalah keadaan dimana suatu zat bebas dari mikroba hidup, baik yang pathogen ( menimbulkan penyakit ) maupun nonpatogen/apatogen ( tidak menimbulkan penyakit ), baik dalam bentuk vegetative ( siap untuk berkembang biak ) maupun dalam bentuk spora ( dalam keadaan statis, tidak dapat bberkembang biak tetapi melindungi diri dengan lapisan yang kuat ). Sterilisasi menggunakan sushu > 1000C.
5. Flash cooling
Tahap pendinginan yaitu larutan didinginkan secara tepat.
6. Kristalisasi
Tujuannya : supaya rasa yang dihasilkan tidak berpasir ( lembut ).
7. Aseptic filling
Yaitu suatu proses pengisian produk steril pada kemasan dan lingkungan steril, sehingga dihasilkan produk steril yang tahan bocor.
8. Packing ( pengepakan )
Produk yang sudah jadi dikarantina kurang lebih 3 ( tiga ) hari.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites